Trieste kota sejarah Romawi di Italia

Trieste adalah sebuah kota berpenduduk 210.000 jiwa di Italia, merupakan ibu kota dari daerah (atau disebut juga regione dalam bahasa Italia) Friuli-Venezia Giulia.
Pada zaman kuno (abad ke-2 SM), Trieste merupakan koloni Romawi dengan nama Tergeste (dalam bahasa Latin). Daerah ini menjadi kaya di bawah naungan bangsa Romawi dan setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat dan Bizantium sampai tahun 788 Masehi. Pada abad ke-12 menjadi sebuah kota merdeka dan beberapa abad pertempuran melawan pergolakan Venezia, Trieste diproteksi oleh Austria hingga abad ke-17.

Trieste juga dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak pusat penelitian IPTEK. Di antaranya Sinkroton yang terletak di Basovizza, dekat perbatasan Slovenia. Sinkroton ini dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat dimanfaatkan untuk menguji sifat fisis material dan mengetahui komposisi material. Selain itu, terdapat pula International Center for Theoretical Physics (ICTP) yang merupakan pusat pendidikan dan penelitian untuk fisika teori dan matematika. Lembaga ini dibentuk atas kerjasama PBB melalui UNESCO, IAEA, dan pemerintah Italia. ICTP juga banyak melakukan kerjasama dengan Universitas Trieste. Bagi para astronom dan pecinta astronomi, Observatorium Trieste mampu memberikan tempat yang sesuai untuk pengamatan benda - benda langit.
Trieste mempunyai objek wisata yang hampir lengkap. Kita bisa mendaki bukit Val Rosandra ataupun berenang di laut Adriatik. Di musim panas, kawasan pantai Barcola banyak dikunjungi penduduk setempat dan pendatang. Kastil Miramare dan kastil San Giusto menambah daya tarik wisata arkeologi. Banyak kegiatan diadakan di Piazza Unita. Di tempat ini, sering diadakan pentas musik, nonton bareng pertandingan sepak bola, dan perayaan tahun baru. (wikipedia)

Piazza unita d'italia
in the nite Piazza unita d'italia
From the top of the St.Giusto Cathedral bell Tower

Anda tertarik datang ke Trieste ? /kota cantik dengan tempat-tempat bersejarah yang memukau,,

Unita d'italia square


James Joyce, The Famous Irish writer 



Canal Grande, in Trieste

Orthodox Church in Trieste
dan banyak lagi tempat- tempat cantik lainnya


Terima kasih telah berkunjung....

Post a Comment for "Trieste kota sejarah Romawi di Italia"